Senin, 26 April 2010

TIPS MELATIH OTAK AGAR LEBIH BAIK

from : www.anzoen.com
Terkadang sebagian masyarakat beranggapan jika ada orang yg bodoh itu adalah bawaan sejak lahir atau udah keturunan.Sebenarnya tidak ada yang bodoh dalam otak manusia.jika kita mampu mengolahnya sebaik mungkin,otak itu akan bertambah cerdas,setidaknya fungsinya masih bisa dipergunakan dgn baik.tak perduli apakah kita semakin senja dimakan usia atau tidak.Jika konsisten mengolahnya dgn baik,maka otak pun akan tetap bekerja dgn maksimal.

Telah banyak orang menawarkan pilihan alternatif utk meningkatkan kecerdasan otak, mulai dari suplemen hingga ke taraf pengobatan alternatif.Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing2.
Tetapi jika kita mengasah otak dengan cara banyak meminum suplemen atau obat alternatif lain tentu butuh biaya yg tidak sedikit.Karna itu,carilah alternatif lain yg sebenarnya mudah dilakukan tanpa mengeluarkan biaya.dibawah ini beberapa tips untuk melatih otak kita agar tetap baik.

1. MELATIH KEMAMPUAN MENGAMATI
Perhatikanlah lingkungan sekitar,coba rekam dalam pikiran apa yg anda lihat,mulai dari yg sederhana sampai yg mendetail.
2.MENGASAH INDERA
Lakukan pelatihan ini dengan membedakan rasa makanan yg disukai dan yg tidak,merasakan panas dan dingin udara,menghirup bau dan aroma sekitar anda,dan merasakan bunyi2an yg ada dijalan.
3.MENEKUNI HOBI
Gunakan dan sediakan waktu untuk menekuni hobi anda,misalnya bermain musik,berkebun,melukis dan memotret hal2 yg menarik seperti pemandangan,tanaman,bunga dan jenis binatang.
4.MEMPELAJARI SESUATU YANG BARU
Banyaklah membaca atau berkenalan dengan sesuatu yg bukan bidang anda.misalnya mempelajari bahasa asing,elektronik dan ilmu komputer
5.MENGINGAT PERJALANAN PRIBADI
Ingat2 dan kenang kembali sgala aktifitas yg telah terjadi beberapa waktu yg lalu,dgn siapa dan dimana.
6.MENGHAFAL SESUATU YG ANDA SUKAI
Bacalah sebanyak mungkin media yg anda sukai,misal membaca novel,menghafal doa,puisi,lagu,membuka internet dan menghayati kata2 atao nasehat dr buku ato dari seseorang.
7.MENGHAFAL NAMA DAN NOMOR TLP TEMAN
Berlatihlah menghitung jumlah teman,alamat dan nomor tlp mereka.berlatihlah terus agar bisa mengingat lebih banyak lg.bisa juga menghafal tanggal2penting yg menyangkut anggota keluarga,teman ato perayaan tertentu.
8.MENGHAFAL URUTAN ANGKA
Caranya dgn mencoba urutkan angka secara berderet.misalnya 284759648943841275.lalu pecahkan bilangan itu mnjadi beberapa bagian seperti 284759,lalu 648943,kemudian 841275.aktifitas ini merupakan bentuk latihan daya ingat jangka pendek.

Berbagai latihan diatas akan memungkinkan membantu sel otak tetap aktif dan jaringan penghubung antar sel otak makin rapat.SELAMAT MENCOBA...biar otak tidak slalu buntu binti beku...hheee

0 komentar :

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management