Jumat, 15 April 2011

PERSAMAAN DAN PERBEDAAN LAKI-LAKI & WANITA DALAM ISLAM

# Persamaan laki-laki dan wanita dalam islam ialah sbb :

1. Wanita itu sama dg laki-laki dlm artian sama-sama dibebani dg hukum-hukum syariat sekalipun tetap ada perbedaan dlm bebereapa hukum yg bersifat detail.
2. Wanita itu sama dg laki-laki dlm hal mendapatkan pahala dan siksa, baik yg bersifat dunia maupun ukhrawi secara keseluruhan. Dalam hal ini Allah berfirman,
"Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebagian mereka (adalah)menjadi penolong bagi sebagian yang lain Mereka menyuruh (mengerjakan) yg ma'ruf, mencegah dari yang mungkar, mendirikan sembahyang, menunaikan zakat, dan mereka pun taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." (At-Taubah : 71)
3. Wanita itu sama dengan laki-laki dalam hal mendapatkan haknya, dan mendengarkan keputusan hakim.
4. Wanita itu sama degan laki-laki dalam hal pemiliklan harta berikut penggunaannya.
5.Wanita itu sama dg laki-laki dalam hal kebebasan memilih calon pasangan hidup. Jadi, seorang wanita tidak boleh dipaksa menikah dg laki-laki yang tidak disukainya.

#Perbedaan yaitu :

1. Aqiqah bagi anak laki-laki dua ekor kambing dan bagi bagi anak perempuan satu ekor.
2. Shalat jenazah untuk mayit laki-laki imam berdiri sejajar dengan kepala mayat; sedang utk mayat perempuan imam berdiri di tengah-tengah atau sejajar perutnya.
3. Air kencing bayi perempuan yang masih menyusu pada ibunya dan belum makan suatu makanan, cara menghilangkannya dengan dicuci, sedangkan pada bayi laki-laki cukup dipercikkan .
4. Bagian waris anak laki-laki dan perempuan berbeda dg perbandingan 2:1
5. Laki-laki boleh kawin/nikah sampai empat apabila mampu berlaku adil, sedang bagi wanita tidak dapat lebih dari satu.
6. Nilai kesaksian dua orang wanita sama dengan nilai kesaksian seorang laki-laki.
7. Batas aurat wanita yang harus ditutup ialah seluruhnya, dikecualikan wajah, sedangkan batas aurat laki-laki adalah pusat perut sampai lutut.
8. Perempuan dilarang mencukur rambut kepalanya, sedang laki-laki diperbolehkan.
9. Dalam sholat berjama'ah laki-laki dapat menjadi imam untuk semua jama'ah, baik yang terdiri dari laki-laki dan wanita atau khusus bagi laki-laki atau wanita saja. Sedang bagi wanita tidak dapat menjadi imam disaat jama'ah shalat itu terdiri dari laki-laki dan wanita atau khusus para makmumnya itu laki-laki saja. Baginya dapat menjadi imam di saat jama'ahnya itu hanya terdiri dari wanita saja.
10.Wanita tidak diperkenankan menjadi pemimpin / penguasa umat sebagaimana halnya laki-laki azan dan iqamat
11.Laki-laki bertanggung jawab menjaga dan melindungi rumah tangga
12.Nabi dan Rosul dari laki-laki

Siapa bilang jadi muslimah berat...
Kaum feminis bilang susah jadi WANITA(baca Muslimah), lihat saja peraturan di bawah ini:
1. Wanita auratnya lebih susah dijaga (lebih banyak dari pada laki2.)
2. Wanita perlu meminta izin suaminya apabila mau keluar rumah tetapi tidak sebaliknya.
3.Wanita menerima warisan lebih sedikit daripada lelaki
4. Wanita perlu menghadapi kesusahan mengandung dan sakitnya melahirkan anak
5. Wanita wajib taat pada suaminya , sementara suami tidak perlu taat kepada istrinya.
6.Talak terletak di tangan suami dan bukan di tangan istri
7. Wanita kurang dalam beribadat karna adanya masalah haid dan nifas yang tak ada pada lelaki


PERNAHKAH PARA WANITA MELIHAT SEBALIKNYA(KENYATAANNYA):

1. Sesuatu yang mahal harganya dan sangat bernilai tentu akan disimpan dan dijaga sedemikian mungkin… Coba bayangkan, sudah sepatutnya intan permata tidak akan dibiarkan terserak bukan? Begitu juga dengan perempuan yang di jaga dengan hijab (jilbab).
2. Wanita memang perlu taat kepada suami, tetapi tahukah anda kalau lelaki wajib taat kepada ibunya 3 kali lebih utama daripada kepada ayahnya.
3. Wanita menerima warisan lebih sedikit daripada lelaki, tetapi tahukah kita bahwasanya harta yang yang diterima wanita adalah mutlak miliknya pribadi dan tidak perlu diserahkan kepada suaminya,sementar apabila lelaki menerima warisan, ia perlu/wajib menggunakan hartanya Untuk istri dan anaknya.
4. Wanita perlu bersusah payah melahirkan seorang bayi , tetapi bukankah saat itu ia akan di doakan seluruh makhluk dan malaikat, dan tahukah anda kalau ia meninggal karna melahirkan maka syahidlah balasannya dan surga menantinya.
5. Di akhirat kelak, seorang lelaki akan mempertanggung jawabkan terhadap 4 wanita yaitu : istrinya,ibunya, anak perempuannya,dan saudara perempuannya, artinya seorang wanitadi akhirat kelak akan Ditanggung oleh suami,ayah,anak lelakinya dan saudar lelakinya. Tidakkah itu kebahagian untuk anda…
6. Seorang wanita boleh memasuki pintu surga yang ia kehendaki, cukup dengan 4 syarat saja:Shalat 5 waktu,puasa ramadhan,taat pada suami dan menjaga kehormatannya.
7. Seorang lelaki wajib berjihad fi sabilillah , sedangkan wanita apabila ia taat pada suaminya dan menunaikan tanggung jawabnya pada allah maka ia akan mendapat pahala yang sama seperti pahala suaminya yang berjihad.

0 komentar :

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management