Senin, 15 Februari 2010

Tips Bugar Sepanjang Hari

Hampir setiap hari kita habiskan waktu untuk bekerja, bahkan saat akhir pekan pun tak jarang dari anda yang masih saja sibuk bekerja. Tubuh ini memang didesain secara baik untuk bekerja. Diwaktu-waktu tertentu terkadang anda bersemangat dalam bekerja, namun di waktu lain anda merasa tidak bersemangat, lelah, dan lesu.

Tentu bagi anda yang aktif dibutuhkan kebugaran agar anda maksimal dalam menjalankan pekerjaan. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat anda coba untuk menemukan kebugaran disepanjang hari kerja yang padat:

1. Mulailah hari dengan pikiran positif.
Begitu anda membuka mata ketika bangun pagi, ucapkan syukur secara khusyuk bahwa anda masih diberi kesempatan untuk menjalani hari ini. Bersiaplah untuk memberikan sesuatu yang terbaik dari diri anda untuk bumi ini. Lakukan kontemplasi, meditasi, atau apapun namanya. Ini baik agar pikiran anda jernih dan positif. Setelah itu, ada baiknya anda
menyetel musik kesukaan anda dan anda pun siap untuk memulai hari anda.

2. Lakukan olahraga ringan
Hirup udara banyak-banyak dan biarkan tubuh anda bergerak dan berkeringat. Tidak usah terlalu ngoyo dalam berolahraga di pagi hari. Labih baik lagi jika anda melakukan olahraga bersama pasangan, anak-anak, atau teman-teman anda.

3. Jangan lupa sarapan.
Sarapan adalah pasokan energi yang kita butuhkan sepanjang hari. Sarapan juga mencegah anda jajan pada saat jam kerja sehingga dapat menjaga berat tubuh anda, menguatkan daya pikir, dan mempertahankan semangat kerja. Namun, yang terpenting adalah jenis makanan yang anda makan haruslah lengkap, terutama protein yang bisa mempertahankan kadar gula darah sepanjang hari. Bila perlu tambahkan susu. Untuk mencegah kebosanan, susunlah menu yang bervariasi setiap hari.

4. Atur kegiatan anda sebaik-baiknya.
Sebelum bekerja, aturlah rencana kerja anda hari ini. Susunlah menurut skala priotas dan pencapaian tugas. Atur sedemikian rupa kegiatan anda agar tidak mudah kelelahan di pagi hari. Buat jadwal berselang-seling dan sediakan waktu untuk istirahat. Anda juga harus dapat fleksibel untuk mengubah rencana anda. Segala sesuatu mungkin saja terjadi. Belajarlah untuk membagi dan mendelegasikan tugas.

5. Jaga terus kesegaran tubuh anda.
Jangan melulu duduk diam dikursi anda, sekali-kali bergeraklan dan biarkan tubuh anda berkeringat. Rasakan darah anda mengalir, dan oksigen memenuhi rongga dada anda. Minumlah air putih segar sebanyak-banyaknya untuk menjaga kebugaran tubuh.

6. Istirahat itu penting.
Jangan bekerja terlalu ngoyo. Lakukanlah relaksasi dan peregangan untuk tubuh anda, tarik napas dalam-dalam, pejamkan mata anda sejenak disela-sela pekerjaan anda. Jangan sia-siakan waktu rehat makan siang, tetapi jangan terlalu kenyang, itu akan membuat anda mengantuk. Makanlah banyak sayur dan buah segar. Jangan tergoda untuk mengkonsumsi mekanan ringan kecuali bila anda benar-benar membutuhkannya.

7. Temukan kegembiraan dalam setiap keadaan.
Bugar bukan hanya kuat, tapi segar dan penuh kegembiraan. Jangan jauhkan humor dari pekerjaan anda. Serius tapi rileks. jaga terus pikiran positif anda. Jauhi emosi negatif yang menghabiskan energi dan tetap jalin hubungan sosial dengan rekan-rekan anda.

8. Selesaikan pekerjaan kantor di kantor.
Ini mendorong anda untuk bekerja produktif. Gunakan waktu setelah kerja untuk kehidupan pribadi, keluarga, dan orang-orang yang anda cintai. Isi pula dengan kegiatan sosial yang memperhatikan sesama, menyalakan api spiritual anda, memperbaiki lingkungan, dan sebagainya.

9. Cukupkan kebutuhan tidur anda.
Jaga tubuh dan jiwa anda. Tempat yang paling baik untuk istirahat adalah tidur nyenyak dan cukup. Aturlah jam bangun dan tidur secara teratur. Hal ini baik untuk menjaga kebugaran anda esok hari.

10. Perbanyak bersyukur.
Buka hari anda dengan bersyukur, tutup juga hari anda dengan bersyukur. Jaga terus pikiran positif anda. Jauhkan kecemasan anda akan angan-angan yang belum tercapai. Nikmati apa yang dianugrahkan pada anda dalam hidup ini.

0 komentar :

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management